Agen pulsa murah
loading...

Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan !

Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan ! - Hallo sahabat Bagi Bagi Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan !, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Unik dan Aneh, Artikel Berita Viral, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan !
link : Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan !

Baca juga


Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan !

loading...
Ilustrasi Sujud Syukur ( Foto @alamiry.net )
Dalam hidup ini, Allah selalu melimpahkan nikmat dan rahmat-Nya. Saat menerima kenikmatan, baik yang berupa limpahan harta, kesehatan, diselamatkan dari musibah maupun kebahagiaan lainnya, kita dianjurkan untuk memperbanyak syukur atas limpahan karunia tersebut.

Sebagaimana ditegaskan dalam Alquran, yang artinya, "Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi, jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," (QS Al-Ibrahim : 7).

Wujud dari rasa syukur tersebut bisa dilakukan dengan banyak hal. Rasulullah saat menerima nikmat atau karunia Allah selalu mengucapkan hamdalah. Kemudian disusul dengan melakukan sujud syukur.

BUKTI SYUKUR

Tentu kita sudah tahu sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai rasa syukur atas nikmat yang diturunkan Allah atau tercegahnya sesuatu yang tidak diinginkan. Imam Syaukani menjelaskan, nikmat adalah nikmat yang baru datang yang suatu ketika seorang tidak menjumpainya.

Karena itu Nabi tidak melakukan sujud syukur kecuali atas nikmat yang baru datang yang sebelumnya tidak di jumpainya, padahal nikmat Allah terus menerus meliputi dilimpahkan kepada Nabi setiap saat.

SUNAH RASUL

Para ulama bersepakat bahwa sujud syukur hukumnya tidak wajib, namun mereka berbeda pendapai mengenai apakah sunah atau tidak. Pendapat yang kuat mengatakan hukum sujud syukur adalah sunah. Seperti Imam Syafi'i, dalam Al-Umm 1.134, Imam Ahmad dalam Al-Inshaf 2/200, Imam Malik dalam Al-Majmu 4/70 dan Imam Hanafi dalam Fathu Al-Mu'in 'Al Syarh Al-Kanzi 1/299.

Pendapat mereka didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Bakar, "Bahwasanya Nabi, apabila datang padanya suatu perkara yang menyenangkan, beliau langsung bersungkur sujud," HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu majah.

Serta beberapa hadis lain berikut ini: "Bahwasanya Ali menulis (mengirim surat) kepada Nabi, mengabarkan tentang masuk Islamnya Hamdan. Ketika membacanya, beliau tersungkur sujud kemudian mengangkat kepalanya seraya berkata, "Keselamatan atas Hamdan, keselamatan atas Hamdan." (HR Baihaqi dan Bukhari).

"Rasulullah bersabda, "Jibril datang kepadaku dan memberi kabar gembira seraya berkata, "Sesungguhnya Rabmu berkata kepadamu, "Barangsiapa membaca salawat kepadamu, Aku akan memberi salawat kepadanya. Dan barangsiapa memberi salam kepadamu, Aku akan memberi salam kepadanya". Maka aku sujud kepada-Nya karena rasa syukur," (HR Ahmad, Hakim, dan Baihaqi).

CARA SUJUD

Untuk melaksanakan sujud syukur tidak rumit. Agar tidak kesulitan, berikut tuntunan para ulama :

  • Tanpa Takbir. Untuk melakukan sujud syukur, berbeda dari sujud pada salat. Pertama, tidak disyariatkan bertakbir dalam sujud syukur. Kmeudian, tidak ada tasyahud serta tidak ada salam.
  • Ucapan Syukur. Tidak ada doa khusus untuk sujud syukur dari Rasulullah. Tapi Imam Syaukani menjelaskan bahwa bagi yang melakukan sujud syukur selayaknya memperbanyak syukur kepada Allah karena maksud sujud ini adalah syukur kepada Allah yang telah memberinya nikmat. Dalam sujud yang dilakukan lebih banyak memuliakan Allah dan mengucapkan syukur atas pertolongan atau nikmat yang diberikan tersebut.
  • Tak Harus Suci. Sementara dalam melakukan sujud syukur, tidak disyareatkan untuk melakukannya dalam kondisi suci. Karena waktu yang paling tepat melakukannya adalah saat setelah menerima nikmat atau terbebas dari pertolongan tersebut. Hal ini tentunya tidak bergantung pada tempat atau kondisi. Di manapun kita menerima nikmat atau pertolongan, maka saat itulah sujud syukur dilakukan.


from Aku Islam http://ift.tt/2eQGh6U
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/

from Berita Unik dan Aneh http://ift.tt/2v1PCzv
noreply@blogger.com (Mukti Effendi) http://ift.tt/2jXj7gh http://ift.tt/2tNdJSs


Demikianlah Artikel Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan !

Sekianlah artikel Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan ! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan ! dengan alamat link https://akubagiberita.blogspot.com/2017/07/berita-unik-dan-aneh-tuntunan-sujud.html
loading...

0 Response to "Berita Unik dan Aneh ! Tuntunan Sujud Syukur ... Penting Bagikan !"

Posting Komentar